Ternyata Gini Peluang Ngeblog Bareng Komunitas IIDN

Halo Teman Ami! 

Ngeblog sendirian itu rasanya berat, aku nggak kuat. Ujung-ujungnya malas nulis dan blog enggak terawat.

ternyata-gini-peluang-ngeblog-iidn


Seorang teman menyarankanku untuk gabung komunitas ngeblog. Ya, akupun senada dengan dia bahwa dengan berkomunitas akan ada sistem yang saling mendukung satu sama lain. Maka berkomunitas dengan para bloger, bagiku adalah solusi tepat hempaskan sambat. 

Dalam pencarian komunitas, aku tak luput melibatkan media sosial khususnya Instagram untuk mencari komunitas bloger. Dari hasil pencarian, aku menemukan beberapa acara-acara tentang blog. Salah satunya Blogging for Fun, Money, and Oppurtunity dari komunitas penulis Ibu-ibu doyan Nulis (IIDN). Berawal dari situlah aku mengikuti beberapa kegiatan IIDN khususnya tentang ngeblog.

Tepatnya enam bulan yang lalu aku bergabung di Grup Whatsapp IIDN, Ngeblog dari Nol. Saat masuk grup ini juga menantang, lho. Awalnya aku beli buku Ngeblog dari Nol yang udah aku incar sejak lama. Tiba-tiba satu minggu kemudian, ada promo beli buku Ngeblog dari Nol gratis kelas Blogging Goals for Newbie. Wah, aku merasa iri dengan promo itu. Aku coba kontak admin IIDN dan alhamdulillah aku boleh ikut kelasnya. Tapi... ada tapinya ini. Aku harus mengulas dahulu buku Ngeblog dari Nol di blog. Duaar! Sungguh tantangan karena enggak pernah review buku. 

Alhamdulillah bisa terpenuhi tantangannya dan senangnya bukan main. Karena bisa selesaikan tantangan ulas buku ditambah pakai blog lama (blog ini) yang diaktifkan lagi. Luar biasa! Ulasan buku Ngeblog dari Nol bisa baca di sini, ya, Teman Ami. 

Dari grup Whatsapp Ngeblog dari Nol aku menemukan berbagai peluang ngeblog di IIDN. Mungkin ini belum sepenuhnya, sih, tapi akan aku bagikan di artikel ini. Semoga artikel ini juga membantu Teman Ami yang sedang mencari komunitas bloger biar tambah semangat ngeblognya. 

Ternyata begini, lho, peluang ngeblog bareng Ibu-Ibu Doyan Nulis

1. Kelas blogging

Jelas ini nomor satu, karena tujuan utamanya ngeblog. Kelas ngeblog yang paling berkesan -sementara- adalah Blogging Goals for Newbie. Kenapa? Karena aku pribadi ada hal yang kurang jelas dari blog planner yang bundling dengan buku Ngeblog dari Nol. Sungguh aku akan sangat menyesal jika waktu itu tidak coba kontak admin IIDN dan tidak selesaikan tantangan. 

Segitunya, sih, Mi?

quote-ngeblog-dari-nol-iidn-peluang

Soalnya di kelas blogging itu dijelasin tentang manajemen waktu untuk seorang bloger dalam mengelola blognya. Di kelas yang diselenggarakan via Zoom juga dibahas tuntas untuk pengisisian blog planner, tentu ini baru untukku.

Selain kelas Zoom, bu ketua IIDN, Mbak Widyanti Yuliandari nggak pelit, lho, bagi-bagi ilmu daging soal ngeblog di grup Whatsapp.    


2. Ada Blog Walking

Blog walking (BW) itu sejenis jalan-jalan ke blog orang lain dan meninggalkan jejak berupa komentar. Nah, BW di grup Ngeblog dari Nol ternyata beda. Bedanya harus artikel terbaru yaitu maksimal satu minggu sebelum BW. Challenging juga ini karena harus bikin konten baru tiap minggunya jika ingin BW.

Seiring berjalannya waktu, ternyata ada grup khusus BW IIDN. Artikel yang boleh ikutan BW maksimal  3 bulan terakhir. Peserta di grup BW IIDN lebih ramai dibanding grup Ngeblog dari Nol. Saking ramainya Blog Walking dibuka seminggu dua kali yaitu setiap Minggu dan Kamis. Tiap kloter dibuka untuk 20 blog. Yang bikin gregetan cepet-cepatan nge-list link blog karena kuotanya cuma 20 blog. Nggak cuma sampai disitu, dalam tiga hari BW harus sudah selesai. Kalau enggak on time dapat penalti enggak boleh ikut BW selama dua pekan, huhu. 


3. Lomba blog 

Nah, banyak acara lomba yang diselenggarakan oleh komunitas penulis ini. Baik secara independen, seperti artikel yang sedang Teman Ami baca ini yaitu lomba blog untuk memperingati 12 tahun IIDN berkarya untuk negeri. Atau bekerja sama dengan penyelenggara lomba lain seperti lomba blog KRAFT, review aplikasi IDN, Antangin, dll. Adanya lomba blog tentu membantuku dalam mengisi konten blog. Biar enggak suram-suram amat blognya.


4. Apresiasi peserta lomba

Aku coba ikut peluang Lomba ngeblog dan video recook dari IIDN yang kerjasama dengan PT KRAFT Indonesia. Waktu itu ada pengumuman khusus di grup Ngeblog dari Nol. Alhamdulillah aku bisa masuk ke 100 peserta lomba blog KRAFT jalur IIDN, yang benefitnya dapat hampers dari KRAFT senilai Rp 150.000,00. Jujur apresiasi ini bikin aku terharu, soalnya aku belum pernah dapat produk atau fee dari blog. 

hampers-kraft-ngeblog-iidn

Beruntungnya lagi meski belum menang lomba blog dan reels recook kraft crolette, aku masuk 70 peserta tercepat. Lumayan, nih, dapat hampers dan fee Rp 100.000,00.


5. Kelas plus-plus

Peluang ngeblog terakhir dari IIDN versiku adalah kelas plus-plus. Aku nyebutnya kelas plus-plus karena nggak terduga aja. Seperti lomba blog KRAFT kemarin, sebelum maju perang kami 100 peserta diberi kelas videografi makanan untuk pemula oleh Mbak HM Zwan. Ada juga kelas Blogging Goals for Newbie yang aku ceritakan di awal.  Kelas Google Analytics untuk peserta lomba review aplikasi IDN dan kelas plus-plus lainnya. Menyenangkan bukan?


IIDN, komunitas penulis perempuan yang tidak main-main

Komunitas Ibu-ibu doyan nulis meski judulnya ibu-ibu belum semua membernya seorang ibu-ibu. Komunitas IIDN yang dirintis oleh Teh Indari Mastuti sejak tahun 2010 tujuannya sebagai wadah penulis perempuan agar aktif, kreatif, dan produktif melalui karya. Tentu programnya sangat beragam seperti kelas editor, kelas nulis buku anak, kelas cerpen, dan tentu kelas ngeblog. Enam bulan ini aku mengamati program-program tersebut ada yang berbayar,  ada yang gratis, dan ada yang “bayar” dengan karya. Tidak hanya masalah input berupa ilmu, tapi masalah output berupa penertbitan buku IIDN juga memfasilitasi, lho. Keren ya! 

kegiatan-peluang-ngeblog-iidn

Teman Ami, ternyata begini peluang ngeblog dari komunitas IIDN yang aku rasakan. Bagi Teman Ami yang sudah lama enggak nulis. Sudah lama blognya mati, Yuk! Mulai lagi dan bangkit berkarya bareng komunitas perempuan IIDN.

Share:

0 komentar