Gagahnya Mensu Di Perairan Selatan




Haiii Traveller’s, coba tebak dimana saya sekarang? Apa? Menara Pissa? Ciuss? Ini masih di Indonesia Lhoo…tuh kan pesona Indonesia itu nggak kalah sama negara lain. Masih penasaran ya ini dimana. Simak terus perjalanan saya yak!

Pantai Baron yang termasuk di Daerah Istimewa Yogyakarta salah satu destinasi wisata saya dan keluarga. Pantai yang tersohor dengan memiliki dua jenis air. Tentu saja air asin dan air tawar  yang memiliki tempat masing-masing. Keduanya bagai kolam milik pribadi. Anak-anak yang takut berenang di pantai dapat menyewa ban ukuran besar seharga Rp 10000,00. Pada bagian air tawar menawarkan arus  yang tidak terlalu besar sehingga dapat berenang dengan aman dan mengasyikan.
               
Sedangkan saya agak malas keceh ke pantai. Karena saya tertarik dengan sesuatu di atas bukit, menjulang tinggi, dan bewarna putih. Baru pertama kali melihatnya meskipun beberapa kali pernah bertandang kemari. Saya coba iseng bertanya ke orang tempat persewaan tikar.
                
“Pak, itu yang di atas menara apa? Boleh ke sana?

“Boleh mbak, menara pantau. Masuk ke sana harganya 25 ribu”. Saya begitu kaget mendengarnya. Akan tetapi saya tetap nekat karena penasaran. Tidak ada anggota keluarga yang ikut dengan saya. Semuanya memilih bermain air. Berbekal topi, sebotol air, dan tak lupa kamera saya menjejakan kaki menembus hamparan pasir kecoklatan ini. Menuju bukit dimana menara yang gagah berdiri nun jauh disana.

Angin berhembus dengan kencang  membuat semua yang dilewatinya ikut bergoyang. Tak luput tapakan tangga kayu yang salah satu pengait lepas sesekali bergetar. Tangga ini satu-satunya akses untuk menuju ke bukit.  Eits, jangan lupa membayar retribusi yang diadakan oleh karangtaruna setempat sebesar Rp 2000,00. Setelah itu jalanan terjal pun menyambut, berkelok, dan menanjak. Ada yang panas ada yang sejuk. Ada yang sendirian ada yang berduaan. Duuh, baper. Kebanyakan yang di bukit ini tidak sendirian seperti saya.

Dari bukit ini kalian dapat melihat jeladri yang membentang yaitu  samudra Indonesia. Terik matahari dan nafas yang tersengal-sengal tidak menyurutkan tekad untuk naik ke atas sana. Untuk melepas sejenak rasa lelah, di tepian jalan ini terdapat warung-warung kecil. Lumayan lah sambil ngopi-ngopi lihat pemandangangan yang belum tentu dijumpai di tempat lain.

Naik-naik bukit sekitar 20 menit dan keringat bercucuran segrontol-grontol. Kaki menara dengan gagah menyambut dengan hangat. Fiuuh…akhirnya kutemukan namanya Menara Suar Tanjung Baron. Sambil melepas haus saya melihat sekeliling ternyata dibalik menara yang menarik perhatianku terdapat menara lama. Kondisi yang sudah berkarat namun masih sama kokohnya dengan menara baru dibuat akhir tahun 2014 itu.
Menara Suar Tanjung Baron


Rasa penasaran terus menggelayutiku saya putuskan untuk segera masuk kedalam. Pengunjung menara ini hanya dikenai biaya masuk Rp 5000,00 tidak semahal yang dikatakan bapak tadi. Mungkin saya salah dengar, hehe. Oh iya, bagi kalian yang seolah-olah pengen jadi penjaga menara  terdapat pula persewaan teropong, cukup dengan harga Rp 10000,00. Begitu masuk banyak orang yang hendak naik ke atas namun tidak kunjung naik usut punya usut kita harus bergantian dan diutamakan pengunjung yang turun. 
Menara suar lama


Tangga berulir terbuat dari besi. Sedikit horror mendengar tapak kaki saya sendiri. Bagaimana tidak? Korosi nampak dibeberapa bagian tempat ini. Butuh tenaga dan keberanian untuk mencapai puncak menara ini. Tulisan pada dinding menunjukkan lantai 8 dan tinggal satu tangga  lagi untuk mencapai puncak. Seumur-umur baru kali ini naik tangga yang berdiri secara tegak lurus dengan lantai. Tangan mulai berkeringat pelan-pelan untuk mencapai puncak tertingi.

Saya berhenti seketika di tengah-tengah. Melihat ke bawah bulukuduku bergidik akibat botol minumku terlepas dari kantongku dan terjun bebas. Mas-mas dengan sigap menangkapnya. Sesampai diujung tangga ini aku bersusah payah untuk naik menuju tempat yang aman serta menunggu orang baik yang membawakan botolku. Angin bertiup sangat kencang di sini. Alhasil terbayar sudah perjalanan dari pantai hingga menara setinggi 40 meter ini. Sungguh indah pemandangan dari ketinggian dan sudut pandang yang berbeda. Salut pula dengan para penjaga menara yang tinggal disini. Menjaga Indonesia dari ancaman luar dan  bukti cinta mereka kepada Indonesia. Menara suar Tanjung Baron satu dari mensu yang berada di perairan laut selatan sekaligus saksi bisu penjaga kedaulatan laut Indonesia.

So, buat kalian yang kesini nggak melulu mainan air. Kalian bisa berkunjung ke menara ini. Apabila kalian pengen sensasi baru juga dapat menyewa jeep yang berada di parkiran. Terus, bisa juga naik perahu ke pantai lain. Nggak mau ngluarin duit dapat juga selfie deket tebing yang sedikit menjorok ke laut. Tetep hati-hati dan keselamatan yang utama ya gaeess…!


Pantai Baron dari puncak menara suar

Rumah penjaga mensu dan terparkir sebuah mobil jeep.

Jalanan menembus rerumputan hijau
Jam matahari raksasa yang berada di Baron Techno Park. Di tempat tersebut sedang dilakukan riset tentang energi yang terbarukan.

Perjalanan ini membuat saya ingin menjelajahi menara suar lain di Indonesia. Saya berharap mendapat tiket pesawat gratis dari AirPaz.com saya akan menjelajahi Menara Suar Gunung Wenang di Manado. Untuk menuju kesana saya akan terbang menggunakan maskapai Lion Air.

Tunggu saya menara suar Gunung Wenang!!! Aku Cinta Indonesia. See you…!!!


Share:

1 komentar

  1. Tulisan menarik, terimakasih atas partisipasinya dalam lomba blog airpaz, Semoga menang dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz ysh :)

    BalasHapus